Skip to main content

Belum tentu semua tahu, walau sebenarnya wajib mencari tahu

Cerita Wakepo kali ini seharunya cukup menarik, tapi sayang tidak ada tambang dan tali untuk mengikat, jadi saya kesulitan untuk menariknya.

Suatu waktu di kementrian tunjangan guru di negara entah berantah, ada perdebatan seru antara pejabat kementrian dengan pejabat dari dinas pendidikan salah satu kabupaten kota.

Perdebatan mereka sangat seru, masing-masing tidak mau mengalah dan merasa paling benar.  Kali ini wakepo adalah seorang pejabat kementrian tunjangan dan pa dome adalah pejabat dinas pendidikan.
(itulah hebatnya wakepo dan pa dome bisa jadi apa saja dalam sekejap)

Wakepo sedang sibuk di mejanya, dia nampak serius mengatur berkas dan memandang laptopnya.

Padome: selamat pagi bapak.. (padome menyapa sambil senyum-senyum)
Wakepo : oh.. Selamat pagi pak.. (tegas menjawab seperti biasanya)
Padome: saya dome bapak, saya dari dinas pendidikan, ada beberapa masalah yang mau saya konsultasikan ke bapak.  Mohon waktunya..
Wakepo : oh.. Silahkan.. Silahkan.. Silahkan duduk.. Apa yang bisa saya bantu.. Tapi saya tidak bisa lama,  jam 9 saya ada rapat dengan pak mentri.. (sekarang jam dinding di ruang sebelah sudah menunjukan jam 8.30)
Padome: begini pak, di daerah saya ada satu sekolah, wakil kepala sekolahnya belum terbit sktpnya, di info gtknya selalu dibilang jjm linier tidak mencukupi, padahal dia sudah mengajar 12 jam dan tugas tambahan sebagai wakil kepala sekolah ekuivalen dengan 12 jam,  seharusnya jumlah jamnya cukup.  Tapi diinfo gtk jjm liniernya cuma di hitung 12 jam semua wakaseknya seperti itu?
Wakepo : (manggut-manggut).. Oh begitu ya pak.. Berapa jumlah wakaseknya disekolah tersebut pak?
Padome: jumlahnya sudah sesuai dengN aturan bapak.. Tidak berlebih..
Wakepo: oh.. Ya.. Ya.. Berapa jumlahnya..
Padome: sesuai aturan bapak.
Wakepo: (mulai spaneng) iya berapa?..  Bapak bilang sesuai aturan,  memang di aturannya berapa jumlah wakasek?
Padome: (agak bingung) eh.. Saya tidak tahu pasti bapak..
Wakepo: dari tadi bilang sesuai aturan.  Ditanya berapa aturannya tidak tahu.. Bagaimana bapak ini.. Sekarang berapa jumlah wakaseknya disekolah tersebut..
Padome: tiga orang bapak..
Wakepo: jenjang sekolahnya apa?
Padome: sma bapak..
Wakepo: jumlah rombelnya Berapa?
Padome: wah saya tidak hapal.. Saya bawa operator sekolahnya bapak,  boleh saya panggil..
Wakepo: silahkan.. Suruh masuk..
(padome memanggil operator sekolah yang memang sengaja dibawanya dari daerah untuk menguatkan argumentasinya, panggil saja operator tersebut adalah ghabi)
Ghabi: selamat pagi pak..
Wakepo: pagi,.. Silahkan duduk.. Jangan jauh-jauh.. Disini saja agar bisa lebih jelas.
(ghabi pindah duduknya ke kursi yang lebih dekat dengan wakepo)
Wakepo: coba kamu jelaskan ada berapa wakasek disekolah kamu?
Ghabi : didalam dapodik saya entri 3 wakasek pak,  sesuai dengan aturannya.
Wakepo: aturan yang mana?
Ghabi : wah..saya juga tidak hafal pak.. Kata temen-temen menurut aturannya segitu pak?
Wakepo: jadi kamu ga tahu aturannya juga?
Ghabi : cuma kata Temen-temen dan media sosial pak.
Wakepo: kamu bawa surat penunjukan wakaseknya?
Ghabi: bawa pak.
Wakepo : (melihat surat pengangkatan dan penunjukan sebagai wakasek. ) lah.. Ini ada 4 orang, kata kamu cuma 3.
Ghabi : iya pak..  Kata Temen-temen wakasek cuma boleh 3, jadi yg saya masukin 3 orang pak..
Wakepo : jumlah rombel berapa?
Ghabi : jumlah rombelnya 12 pak.
Wakepo: wealah..  Jumlah rombel 12 wakasek 4 orang dan diisi cuma 3,.. Wealah,.. Wealah.. Terus mau diskin semua?
Ghabi: tapi menurut aturannya dibolehkan pak?
Padome: betul pak.. Menurut aturannya seharusnya boleh pak!!
Wakepo: aturan yang mana?? Tunjukin sama saya..
Padome dan ghabi saling tatap muka,  sama-sama ga tahu aturannya yang mana?

Wakepo: sudah baca permendikbud 12 tahun 2017?
Ghabi dan wakepo : belum pak..
Wakepo: lalu yang kalian maksud dengan aturan-aturan yang mana?
Jumlah wakasek untuk jumlah rombel 12 rombel adalah 2 orang tidak boleh lebih..
Kamu masukin di dapodik 3 orang.  Ya tidak akan valid..
Padome: oh.. Kami baru tau pak..  Tapi bisakah kami dibantu pak, tolongkah terbitkan sktpnya wakasek-wakasek ini pak, mereka sudah menjalankan tugas..
Wakepo: ok,  bisa saya bantu,  perbaiki di dapodiknya, isikan wakaseknya cuma 2 orang saja, silahkan diputuskan.
Padome: apa tidak bisa 3-3nya di sk kan pak..
Wakepo : tidak bisa..
Padome: tolonglah pak.. Kasihan mereka pak semuanya sudah menjalankan tugasnya.
Wakepo: begini pak.. Bapak pejabat di dinas..  Kalau bapak sakit dalam waktu lama,  terus bapak menunjuk staf bapak sebagai pengganti dan menjalankan Semua tugas bapak,  apakah staf bapak bisa menerima tunjangan Kinerja bapak?
Padome: sepertinya tidak pak..
Wakepo: bisa atau tidak
Padome: tidak pak..
Wakepo: kenapa tidak?  Kan dia ditunjuk resmi oleh bapak, dan sudah menjalankan tugas dengan baik.. Kok tidak bisa dapat tukinnya bapak, padahal bapak juga tidak bisa ambil tukin tersebut karena sakit.
Padome: karena tidak sesuai aturan pak.. Nanti bisa jadi temuan sama pemeriksa keuangan pak.. Merugikan negara
Wakepo: lalu bedanya apa dengan wakasek bapak.. Kepala sekolah ngangkat wakasek 4 orang padahal yg diizinkan 2 orang.. Terus dimanipulasi datanya di dapodik diisi 3 orang.. Berarti tidak sesuai aturan..
Padome: tapi kasian ini pak.. Dia sudah janji mau beliin motor anaknya..
Wakepo: beli motor???  Baca uu guru, baca pp74 tahun 2008, baca pp19 tahun 2017.. Tunjangan profesi itu bukan untuk beli motor,  bukan untuk beristri 4..
Padome: tolonglah pak..
Wakepo : bapak kalau staf bapak tadi dikasih tukin bapak bilang akan kena audit tim pemeriksa.. Lah tunjangan profesi itu juga diaudit pak.. 
Kalau saya diperiksa sama tim auditor trus masuk penjara.. Apakah yg saya bantu ini mau nolongin saya?
Saya yakin pura2 ga tahu..
Tidak bisa.. Perbaiki dapodiknya.. Tentukan siapa yg mau disktpkan..

Cari tahu sebelum malu..
Pastikan benar sebelum protes..

Comments

Popular posts from this blog

Apa tugas guru TIK (2)

Menunggu garuda tak jua mendarat,. menanti merpati lepas kendali,.. duduk termangu di ruang tunggu lihat tv politik mulu tak dilihat ada didepan mata mau dilihat pusing kepala akhirnya duduk sambil menunduk melihat laptop tuk buat coretan,.. coret-coret,..tidak karuan jenuh juga sendirian,.. ada gadis,, bukan kenalan sendirian,.. banyak orang tak dikenal sendirian,.. Ini masih  membahas lanjutan Apa tugas guru TIK  jadi pastikan baca dulu bagian pertamanya agar nyambung,... Beban Kerja Guru TIK : melakukan pembimbingan paling sedikit 150 peserta didik per tahun pada 1 (satu) atau lebih satuan pendidikan . Bimbingan kepada peserta didik dapat dilaksanakan secara : klasikal atau kelompok belajar Individual: memberikan konsultasi kepada peserta didik secara individual , dan p engembangan diri peserta didik yang sesuai dengan kebutuhan, potensi, bakat, minat dan kepribadian peserta didik .  Hak Guru TIK Guru TIK atau KKPI yang telah melaksanakan b

Mengapa data saya masih data seminggu yang lalu????

Februari 2014,.. Lama mempersiapkan lembar info PTK, bukan karena designnya,.. sangat menguras tenaga dan pikiran,. begadang bukan lagi sesuatu yang tabu tapi sudah merupakan sunah muakad,.. bahkan hampir mendekati wajib,. dengan persiapan yang cukup serius TIM data P2TK akhirnya dapat menyelesaikan Info PTK yang dipublish sesuai dengan jadwal yang telah direncanakan yaitu pada tanggal 1 Februari 2014. Namun bukan berarti semua sudah sempurna, masih banyak tampilan info dan bahkan isi info yang masih belum sesuai dengan keinginan. Masih ada beberapa informasi yang belum masuk, perbaikan dan penyempurnaan info PTK tetap dilaksanakan setiap hari sesuai dengan keadaan dan kondisi. Masih banyak teman-temen operator yang masih menanyakan kenapa data yang diuploadnya masih belum masuk kedalam Info PTK,?? kenapa data yang tampil adalah data lama?? kenapa rombelnya masih kosong?? dan sebagainya.. Memang dari tingkat kesulitan, memvalidasi data kiriman dari dapodikdas yang s

PROSEDUR MUTASI UNTUK GURU SD DAN SMP (Mutasi antar sekolah dalam kabupaten/Kota yang sama)

Mutasi atau perpindahan guru dari satu sekolah kesekolah lainnya adalah hal yang biasa terjadi dan umum dilakukan oleh guru dengan berbagai alasan. Biasanya guru melakukan perpindahan adalah karena alasan tugas, baik karena mutasi promosi yaitu mutasi yang dilakukan oleh guru karena kenaikan jabatan. Ada pula yang mutasi karena kebijakan bupati karena alasan rotasi atau apapun, bahkan bisa jadi mutasi karena politik. Dan ada pula guru yang melakukan perpindahan tugas karena alasan pribadi, seperti ikut suami, pindah tempat tinggal dan lain sebagainya.Sebenarnya apapun alasan guru melakukan perpindahan tidak masalah, selama mutasi tersebut disetujui oleh pimpinannya yang dalam hal ini adalah bupati untuk PNS. Pada bahasan ini saya tidak membahas mutasi guru secara keseluruhan, saya akan melihat permasalahan mutasi dari sudut pandang penerbitan SKTP (Surat keputusan tunjangan profesi) Yang digunakan sebagai dasar pembayaran tunjangan profesi bagi guru yang sudah sertifikasi dan