Skip to main content

Wakepo jadi gtt..


Suatu hari di sekolah dasar negeri di pojokan banten...
Wakepo bingung kenapa sktpnya untuk periode januaru-juni sampai bulan agustus kok belum terbit juga.. dengan perasaan dongkol dia datang keruang kantor.. tempat mukidi menyelesaikan segala tugasnya sebagai ops..

Wakepo : kidi.. kenapa sktp saya belum terbit juga sampai sekarang... (sambil gebrak meja.. untung mejanya ga belah dua...)
Meja : kreyek...kryek.. (mejanya udah tua... goyang2 saat tangan wakepo mendarat di mukanya)... payah wakepo.. masa marah sama mukidi gw yg di tabokin...(kira2 begitulah kata simeja)
Mukidi : oh..ahh..uh.. kenapa pak?
Wakepo : kamu ga bener entri dapodik... masa sktp saya sampe sekarang ga terbit2...
Mukidi : sudah bener semua pak.. sesuai data yg bapak berikan.. liat aja dapodiknya nih...
(Mukidi menunjukan layar laptop ke depan wakepo)
Wakepo : (meneliti.. menelaah..menimbang dsb).. lah ini kenapa status kepegawaian saya sebagai honor sekolah... saya kan guru tidak tetap.. saya akan laporkan kamu ke polisi.. sudah isi data tdk sesuai dengan keadaan sebenarnya...
Mukidi : (bingung..).. itu hasil arahan orang pusat pak..
Wakepo : kamu pernah ketemu orang pusat..
Mukidi : ga pernah sih..
Wakepo : lah tadi kamu bilang atas arahan orang pusat...
Mukidi : iya pak.. itu kata kakadatdik kabupaten pak...
Wakepo : ga bener ini.. saya mau temui orang yg harus bertanggung jawab ini... hayo kamu ikut saya..
Mukidi : kemana pak...
Wakepo : saya mau labrak.. siapa tadi kamu bilang... kk data dik... dia ini laki2 atau perempuan?.. kok dipanggil kk
Mukidi : dia laki2 pak... badannya tegap.. rambutnya cepak.. mantan angkatan pak... kemaren ada juga yg protes kesana marah2... diplototin jatuh pingsan pak..
Wakepo: (mengernyitkan dahi).. hmmm.. ya udah kamu saja kesana tanya kenapa harus isi honor sekolah...
Mukidi: (terbersit dalam pikirnya... enak aja udah marah2.. nyuruh2 lagi).. wah jangan pak.. sebaiknya dengan bapak.. nanti saya salah ngerti lagi... kalau sama bapak.. nanti bapak bisa lebih jelas...
Wakepo : ah kamu... ok..kita kesana.. pakai motor kamu ya...
Mukidi: boleh pak.. tapi biasanya saya jam segini udah ngojek pak.. jadi nanti di hitung ojek ya...
Wakepo : ahh.. ga usah.. pakai motor saya...
Mukidi: tapi saya ga ngojek ya.. jadi ga ada tagihan ya...

Akhirnya mereka berangkat ke dinas kabupaten.. menemui kk datadik...

Wakepo : selamat siang pak..
Kkdatadik : siang juga pak.. tumben mau datang kesini.. ada apa ya..
Wakepo : ini si muki masa isi data dapodik saya ga bener..
Kkdatadik: kenapa?
Wakepo: saya ini sudah mengabdi sama negara lebih dari 15 tahun... dia isi sembarangan saja data saya di dapodik..
Kkdatadik: emang si muki isi apaan yang ga bener?
Mukidi: (diam duduk dipojok... mukanya memelas.. takut campur khawatir )
Wakepo : (sambil tunjuk2 kearah mukidi..) dia isi status kepegawaian saya honor sekolah... saya ini guru tidak tetap pak.. ada sk pengangkatannya... jelas.. bukan abal2..
Kkdatadik: ada suratnya pak...
Wakepo: wah saya tidak bawa pak..
Kkdatadik: ooh... kapan suratnya dibuat... yang terakhir...
Wakepo: suratnya cuma satu pak.. saat saya masuk dulu...
Kkdatadik: udah lama ya pak..
Wakepo: iya.. ya udah 15 tahunan..
Kkdatadik: tidak ada surat pembaharuan pak..
Wakepo: tidak ada... cuma itu saja..
Kkdatadik: masih ada suratnya pak?
Wakepo: masih-masih..  saya simpen dengan baik dirumah...
Kkdatadik : kalau boleh tau... yang tanda tangan suratnya siapa pak...
Wakepo: pejabat yg berwenang disekolah pak.. pak kepala sekolah...
Kkdatadik:: oooh... maaf ya pak... status bapak memang guru tidak tetap di sekolah.. karena masih diangkat oleh kepala sekolah... didalam dapodik jika sk pengangkatan yang tanda tangan adalah kepala sekolah maka sebutannya adalah guru honor sekolah... yang dimaksud gtt di dapodik adalah sk pengangkatannya minimal di tandatangani oleh bupati atau walikota... dan sumber gajinya harus dari apbd..
Kalau ada sk pengangkatan di tanda tangan bupati tapi sumber gajinya bukan dari apbd/apbn... tetapi masih pakai dana bos.. juga belum valid gttnya...
Selain itu sk gttnya juga harus di konfirmasi perpanjangannya setiap tahun ke bagian tunjangan.. bahwa sk tsb masih diperpanjang.. jika belum konfirmasi.. status gttnya jadi tidak valid...
Konfirmasinya ke bagian tunjangan pak...
Bapak juga harus kasih sknya ke ops.. agar entrian datanya tidak salah...

Mukidi: (mukanya mulai cerah.. darah sudah mengalir lagi) jadi saya ga salah isi ya pak...
Kkdatadik: ga muk... kamu bener ngisinya..
Mukidi: pak wake juga belum kasih saya berkasnya...
Kkdatadik: lah kalo belum dikasih berkasnya.. kamu isi pakai apa dasarnya...
Mukidi: hehehe...
Kkdatadik: kalo belum dikasih... jangan isi senbarangan ya..
Wakepo: status saya honor sekolah... buat apa juga kasih berkas... (sambil berdiri dan balik badan ketempat parkiran ambil speda motor cabut pulang)
Mukidi:pak.. saya jangan ditinggal...
Wakepo: kalo mau bareng bayar ongkos...
Mukidi:😭😭

#maaf
#anemahginiorangnya

Post a Comment

Popular posts from this blog

Rambu-rambu validasi data dapodikmen pada info GTK (bagian 3: SMK KTSP)

sebelumnya harus difahami bersama, bahwa apa yang saya tuliskan disini bukanlah acuan resmi pengisian dapodik. Proses pengisian dapodik termasuk didalamnya jumlah jam mengajar dan maksimum jumlah jam per rombel mengacu kepada aturan masing-masing kurikulum, jika ada tulisan saya yang kurang tepat, mohon koreksi bersama. Tulisan ini sewaktu-waktu dapat saja diubah untuk penyesuaian dengan aturan yang berlaku.

Pembelajaran SMA sudah kita bahas beberapa minggu lalu. Sekarang saya mencoba akan membahas tentang batasan-batasan entrian dapodik dan klasifikasi mata pelajaran pada jenjang SMK dengan kurikulum KTSP.
Pada umumnya pembelajaran SMA dan SMK pada kurikulum SMK tidak banyak perbedaan cara pengisiannya di dapodik. Walaupun mungkin proses pembelajaran itu sendiri di dalam kelas akan banyak perbedaan. Saya tidak melhat proses belajar mengajar dikelas, tapi yang saya bahas berikut adalah bagaimana cara mengisi dapodik sekolah agar data yang dikirim ke server dapodik pusat bisa sesuai de…

Rambu-rambu validasi data dapodikmen pada info GTK (bagian 2: SMA K13)

sebelumnya harus difahami bersama, bahwa apa yang saya tuliskan disini bukanlah acuan resmi pengisian dapodik. Proses pengisian dapodik termasuk didalamnya jumlah jam mengajar dan maksimum jumlah jam per rombel mengacu kepada aturan masing-masing kurikulum, jika ada tulisan saya yang kurang tepat, mohon koreksi bersama. Tulisan ini sewaktu-waktu dapat saja diubah untuk penyesuaian dengan aturan yang berlaku.
Pada buku panduan sukses dapodik SMA/SMK disebutkan, bahwa kurikulum SMA 2013 diambil berdasarkan permendikbud 59 tahun 2014
Daftar Mapel yang di tampilkan pada jendela pembelajaran Kurikulum SMA 2013 mengacu pada Permendikbud Nomor 59 Tahun 2014 tentang Kurikulum 2013 Sekolah Menengah Atas,  Jika pengisian sudah mengikuti rambu-rambu tersebut, maka seharusnya data yang dientrikan valid. selanjutnya yang harus di validasi di server GTK hanyalah linieritas mata pelajaran yang diajarkan dengan bidang studi sertifikasinya.

Seorang guru bisa dikatakan linier jika dia mengajar matapelaja…

Rambu-rambu validasi data dapodikmen pada info GTK (bagian 1: SMA KTSP)

Lama sudah blog ini di tinggalkan, tidak disentuh apalagi di colek. Sepanjang perjalanan ini, didalam gerbong kereta yang lumayan dingin, saya ingin sedikit berbagi dengan teman-teman operator tunjangan yang dikejar-kejar kepala dinas, kenapa data dikmen tidak pernah bertambah. Dan dikejar-kejar operator sekolah, bagaimana cara isi dapodikmen yang selalu salah di info gtk.. Dan saya juga ingin berbagi dengan operator sekolah jenjang dikmen yang selalu begadang memperbaiki datanya yang tak kunjung valid.. Dan desakan guru yang tak sabaran menunggu sktpnya terbit...
Selain linieritas bidang studi yang diajarkan dengan sertifikat pendidik, syarat lain yang harus dipenuhi agar jumlah jam linier tidak berangka 0 adalah komposisi pengaturan jadwal mengajar.  Jumlah jam belajar dalam sebuah rombel tidak boleh melebihi ketetapan yang telah di tentukan, masing-masing jenjang dan tingkat kelas jumlah maksimum jam belajar perminggu tidaklah sama.
Ada beberapa jenis kelompok mata pelajaran (saya…