Skip to main content

Honor OPS 2

Wakepo masih sangat cemas, karena beberapa waktu yang lalu sekolahnya masih masuk dalam daftar sekolah yang belum syncron. Padahal dia sudah merasa membayar operator sekplah profesional yang jelas ahli dibidang aiti...(IT).. lulusannya D3 manajemen informatika, jelas kompeten di dalam dunia perkomputeran, yang jadi pertanyaan wakepo, kenapa sampai saat ini data sekolahnya belum masuk server dapodik di pusat?.
Wakepo bingung harus bagaimana, akhir terbersit dalam pikirannya untuk curhat dan tukar pikiran dengan rekan sejawat, yaitu padome. Padome saat ini menjadi kepala sekolah pada jenjang pendidikan dasar, dia adalah salah satu kepala sekolah yang paling di kenal dengan kepeduliannya kepada operator sekolah, datanya selalu bagus, sincron selalu paling awal, dana bos selalu paling rapi, pokoknya operator disekolahnya adalah operator teladan. Kesejahteraan operatornya selalu prioritas utama buat padome, walau anggaran honor ops kecil tapi dia bisa menutupi kekurangannya dengan musyawarah dan mupakat kepada para guru yang sudah sertifikasi.

Singkat cerita wakepo sudah berhasil bertemu dengan rekan sejawatnya, padome.
Wakepo : selamat siang padome..
Padome: siang pak wake.. tumben nih mau berkunjung kesini (maksudnya sekolahnya padome)...
Wakepo : hehehe.. ane mau tanya-tanya tentang dapodik..
Padome : mau tanya apa, biasanyakan ane yang slalu tanya pak wake..
Wakepo : heheheh... bisa aja padome..
Begini padome... sekolah saya sampai sekarang blum juga berhasil syncron, bahkan masuk dalam daftar sekolah yang belum syncron di kementrian.. sebagai kepala sekolah terbaik tahun ini saya merasa ga enak juga..
Padome : ops kamu itu malas.. belum dikerjakan kali... jumlah siswanya berapa?
Wakepo : wuih jangan salah... ops ku simukidi itu ops teladan, dia kerja siang malam walaupun digaji tidak terlalu besar.
Padome : berapa jumlah siswa barunya?
Wakepo : ga banyak.. cuma 32 orang
Padome: sedikit itu.. dikerjakan 3 hari juga beres..
Wakepo : itulah yang aku bingung padome, sampai sekarang sekolahku belum syncron..
Padome: operator mu sudah digaji belum..
Wakepo : nah ini yang berat, muridku itu tidak banyak bagaimana bisa membayar operator dengan layak. Sebenarnya aku juga ga tega kasih honor dia kecil, tapi apa dayaku, dana bos yg kuterima tidak besar untuk biaya operasional saja kurang..
Padome: hmmm (manggut-manggut)... guru-gurumu yang sudah sertifikasi berapa orang?
Wakepo : alhamdulillah, semua guruku sudah sertifikasi.. jumlahnya ada 6 guru ber 7 dengan ku...
Padome: wah itu gampang... harusnya ops mu itu tidak perlu kesulitan..
Wakepo : gampang bagaimana..?? (Wakepo penasaran)
Padome: kau tahu kenapa opsku tidak pernah mengeluh dan data sekolahku selalu bagus?.. padahal kau tau sendiri, berapa besar dana bos yang kuterima.. mungkin lebih kecil dari dana bos mu..
Wakepo : (menyimak dengan serius)
Padome: dulu awal-awal dapodik.. ops ku juga mengeluh setiap hari..
Wakepo : (masih menyimak)
Padome: suatu hari aku kumpulin seluruh guru yang sudah sertifikasi.. aku sampaikan betapa pentingnya data dapodik untuk penerbitan sktp, sehingga dananya bisa masuk kerekening guru masing-masing. Kalau tidak entri dapodik maka sktp tidak akan terbit, karena pentingnya itu, maka perlu partisipasi para guru untuk menjamin kelancaran dapodik disekolah.
Disekolahku ada 6 guru yang sudah sertifikasi plus dengan aku jadi 7 orang, sama seperti disekolah mu..
Wakepo : (masih menyimak)
Padome: awalnya aku sampaikan kemereka "saya tidak bisa dan mengerti komputer, apalagi mengisi dapodik. Jika diantara bapak ibu ada yg bisa komouter dan mampu mengoperasikannya monggo di terima tugas entri dapodik."
Wakepo : apa ada yang mau?
Padome: hehehe.. sebenarnya ane udah tau kalau mereka ga ada yg bisa komputer, jadi ya ga ada yang mau. Tapi itu perlu disampaikan dulu, siapa tau ada yang mau..
Wakepo : lalu,. Setelah tidak ada yg mau bagaimana?
Padome: sabar dulu.. setelah mereka tidak ada yang mau dan menyatakan ketidak sanggupannnya maka ane sampaikan " karena tidak ada yang sanggup, langkah terakhir adalah mengambil operator sekolah untuk menyelesaikan tugas entri dapodiknya. Tapi ada masalah, sekolah cuma mampu membayar gajinya sebesar 300 rebu, sekarang mana ada orang yang ikhlas dibayar 300rebu.. susah mencarinya,. .apakah bapak ibu ada yang bisa kasih usulan dan masukan".
Salah seorang guru bilang "kita patungan saja pak, biar kita tanggung bersama honornya.."
Guru lain : wah kalau setiap bulan harus nanggung repot pak.. belum tentu sktp kita terbit.. kalau tidak. Masa kita ikutan bayar juga...
Guru yg lain lagi : gini saja, kita kasih saat terbit sktp dan tunjangannya sudah cair.
Wakepo: lalu mereka setuju?
Padome: dari pertemuan itu disepakati kalau tunjangan sudah cair, maka mereka diminta membantu sekolah membayar honor ops masing-masing 500rebu per semester.. tidak sampai 100rebu..
Karena jumlahnya ada 7 orang, maka terkumpul dana sekitar 3juta 500rebu..yang 500rebu dipakai untuk persiapan quota interbet 6 bulan.. cuma buat syncron saja.. trus.yang 3 juta dimasukan di kas sekolah.. nanti akan dikeluarkan utk ops 500rebu perbulan selama 6 bulan.. plus 300rebu dari dana sekolah per bulan.. jadi ops terima bersih honornya 800rebu.. lumayanlah..
Wakepo : ohh.. quota internetnya juga bukan quota ops ya..
Padome: bukan.. kalo mereka pake fban ya pake pulsa sendiri . Utk syncron saja kita siapkan 50rebu sebulan.. ops kamu dibayar berapa?
Wakepo : sesuai bos..
Padome: quota internetnya?
Wakepo : ya... bisa-bisanya dia aja..
Padome: udah syncron.. ?
Wakepo : belum...
Padome: nah itu.. jadi suka-suka dia aja..
Wakepo : kamu sudah bagus datanya ya..
Padome: sudah dari awal.. ga ada masalah..
Wakepo : ane jadi pusing,... dana bos akan segera di tarik datanya.. kalau kamu ada stok operator tolong kasih ane satu..
Padome: lah kamu bukan sudah ada opsnya.. lagian ops ane ini ga sembarangan... susah carinya..
Wakepo : emang siapa opsnya..
Padome: istri mudaku..
Wakepo : ?????????

#anemahginiorangnya

Post a Comment

Popular posts from this blog

Rambu-rambu validasi data dapodikmen pada info GTK (bagian 3: SMK KTSP)

sebelumnya harus difahami bersama, bahwa apa yang saya tuliskan disini bukanlah acuan resmi pengisian dapodik. Proses pengisian dapodik termasuk didalamnya jumlah jam mengajar dan maksimum jumlah jam per rombel mengacu kepada aturan masing-masing kurikulum, jika ada tulisan saya yang kurang tepat, mohon koreksi bersama. Tulisan ini sewaktu-waktu dapat saja diubah untuk penyesuaian dengan aturan yang berlaku.

Pembelajaran SMA sudah kita bahas beberapa minggu lalu. Sekarang saya mencoba akan membahas tentang batasan-batasan entrian dapodik dan klasifikasi mata pelajaran pada jenjang SMK dengan kurikulum KTSP.
Pada umumnya pembelajaran SMA dan SMK pada kurikulum SMK tidak banyak perbedaan cara pengisiannya di dapodik. Walaupun mungkin proses pembelajaran itu sendiri di dalam kelas akan banyak perbedaan. Saya tidak melhat proses belajar mengajar dikelas, tapi yang saya bahas berikut adalah bagaimana cara mengisi dapodik sekolah agar data yang dikirim ke server dapodik pusat bisa sesuai de…

Rambu-rambu validasi data dapodikmen pada info GTK (bagian 2: SMA K13)

sebelumnya harus difahami bersama, bahwa apa yang saya tuliskan disini bukanlah acuan resmi pengisian dapodik. Proses pengisian dapodik termasuk didalamnya jumlah jam mengajar dan maksimum jumlah jam per rombel mengacu kepada aturan masing-masing kurikulum, jika ada tulisan saya yang kurang tepat, mohon koreksi bersama. Tulisan ini sewaktu-waktu dapat saja diubah untuk penyesuaian dengan aturan yang berlaku.
Pada buku panduan sukses dapodik SMA/SMK disebutkan, bahwa kurikulum SMA 2013 diambil berdasarkan permendikbud 59 tahun 2014
Daftar Mapel yang di tampilkan pada jendela pembelajaran Kurikulum SMA 2013 mengacu pada Permendikbud Nomor 59 Tahun 2014 tentang Kurikulum 2013 Sekolah Menengah Atas,  Jika pengisian sudah mengikuti rambu-rambu tersebut, maka seharusnya data yang dientrikan valid. selanjutnya yang harus di validasi di server GTK hanyalah linieritas mata pelajaran yang diajarkan dengan bidang studi sertifikasinya.

Seorang guru bisa dikatakan linier jika dia mengajar matapelaja…

Rambu-rambu validasi data dapodikmen pada info GTK (bagian 1: SMA KTSP)

Lama sudah blog ini di tinggalkan, tidak disentuh apalagi di colek. Sepanjang perjalanan ini, didalam gerbong kereta yang lumayan dingin, saya ingin sedikit berbagi dengan teman-teman operator tunjangan yang dikejar-kejar kepala dinas, kenapa data dikmen tidak pernah bertambah. Dan dikejar-kejar operator sekolah, bagaimana cara isi dapodikmen yang selalu salah di info gtk.. Dan saya juga ingin berbagi dengan operator sekolah jenjang dikmen yang selalu begadang memperbaiki datanya yang tak kunjung valid.. Dan desakan guru yang tak sabaran menunggu sktpnya terbit...
Selain linieritas bidang studi yang diajarkan dengan sertifikat pendidik, syarat lain yang harus dipenuhi agar jumlah jam linier tidak berangka 0 adalah komposisi pengaturan jadwal mengajar.  Jumlah jam belajar dalam sebuah rombel tidak boleh melebihi ketetapan yang telah di tentukan, masing-masing jenjang dan tingkat kelas jumlah maksimum jam belajar perminggu tidaklah sama.
Ada beberapa jenis kelompok mata pelajaran (saya…