Skip to main content

Posts

Carilah PPG dengan jari

Apa dasar sertifikasi guru baik yang melalui jalur PLPG maupun jalur PPG?1. Baca UU guru dan dosen tahun 2005
2. Baca PP 74 tahun 2008
3. Baca PP 19 tahun 2017
Dan banyak permen pendukungnya..Biasakan mandiri utk faham..
Biasakan mandiri utk tahu..Upgrade diri dengan dengan ilmu..
Bukan ilmu klenik atau ilmu gaib..
Tapi aturan dan panduan terkini..Tahu tidak harus selalu dengan mulut..
Tahu bisa saja di dapat dengan jempol..
Aktiflah berselancar..
Aktiflah di dunia Maya..Google sudah menyiapkan perpustakaan besar..
Belum jadi profesional yang mumpuni..
Jika buka website saja alergi..Belum bisa dikatakan profesional..
Jika hal semudah website saja masih harus minta bantuan orang lain..Ilmu tidak statis.. tapi terus mengalami perubahan kearah kemajuan..
Jika kita diam dan cenderung enggan dengan kemajuan maka kita akan ditinggalkan oleh jaman dan akan menjadi mahluk asing dalam lingkungan..Upgrade diri..
Cari dengan jari..
Mulut bisa sakti.. tapi kadang membuka jati diri..bahwa kita bu…
Recent posts

Hadir GTK

Semester depan seperti amanat Permendikbud no 10 tahun 2018, hadir gtk efektif di terapkan..Nanti tidak lagi login ,clik kehadiran dan simpan...Harus sudah pakai mesin Finger print. Kecuali TK.

Wakepo harus faham

Ada beberapa hal yang harus kita fahami bersama:
1. saat ada keterangan maintenance,.. tidak perlu tanya "pak info sedang menten ya"
2. Saat data sudah valid belum tentu langsung terbit SKTP, karena hasil validasinya baru saja jadi,.. TUNGGU paling tidak 1 minggu,  tergantung apakah sudah diusulkan oleh operator simtun dinas,.. jika blm diusulkan maka harus menunggu usulan,..
dan tidak perlu menuduh OP simtun malas mengusulkan, sebab data yang harus mereka verifikasi by mata juga banyak jumlahnya,..
3. Kalau sudah SKTP juga tidak perlu tergesa-gesa nanya kapan cair,. sebab proses pencairan juga memerluikan waktu dan ada dokumen yang harus dibuat saat pengusulan pembayaran,..
4. Orang bijak taat pajak,.. saat sudah dibayar jangan keburu ngoceh dulu kenapa dibayar tidak sesuai,.. coba liat golongan dan masa kerja yang diakui,.. liat pada tabel gaji, berapa gaji pokok yg sesuai dengan gol. dan masa kerja tsb,.. hitung juga pajaknya,.. pembayaran akan di potong pajak sesuai atu…

Arisan

Pagi hari kamis 28 desember 2017, wakepo duduk manis di serambi gubuknya ditemani secangkir air putih.. Dan sebungkus nasi uduk beli dipinggir jalan depan rumah sakit umum darmo aji..
Sedang asiknya menikmati nasi uduk plus semur jengkol, tiba-tiba datang padome.
Padome : assalamualaikum..
Wakepo : waalaikum salam.. Eh ente dom.. Kenape, tumben pagi-pagi dah nongol disini..
Padome : hehehe.. Kebetulan libur.. Sambil jalan2 pagi.. Mau ngobrol2 tentang dapodik 2018.. Tadi pagi baca status admin gtk.. Gw ga faham maksudnya..
Wakepo : ah.. Lo status fb aja di tanggapi serius..
Padome : serius sih ngga.. Cuma 2 rius..
Wakepo : status yang mana?
Padome: itu status tadi pagi.. Tentang jangan lagi ada arisan.. Maksudnya apa ya
Wakepo : ooh yang itu..
Padome: iya.. Masa arisan aja admin gtk ngatur2.. Emang siapa dia..
Wakepo : tau.. Siapa sih dia.. Sembarangan aja ngelarang arisan..
Padome : iya..siapa dia coba..
Wakepo : lo udah tanya yg laen belum?
Padome: belum sih..
Wakepo: tanya yang la…

Inpassing..

Wakepo duduk dimeja kerjanya,  dia baru saja sampai. Baru saja wakepo membuka tas laptopnya,  datang padome dengan tumpukan berkas ditangannya.
Padome : pagi bro..
Wakepo : pagi padome.. Kenapa ter-engah-engah begitu..  Tarik napas dulu yang bener. Tuh ambil kursi sana..
Padome menarik kursi dan didorongnya ke meja wakepo.
Padome : ini bro..  Ada saudaranya orang biro urusin inpassing sampe sekarang datanya ga valid-valid..  Gue dah ga enak nih. Bolak balik ditanyain melulu.
Wakepo: oh.. (wakepo tidak menoleh dia sibuk dengan laptopnya yg baru Hidup)
Padome: udah 6 bulan masa sknya ga keluar-keluar juga..
Wakepo : ooh.. (masih tetap fokus sama layar monitor laptop didepannya)
Padome : padahal semua berkas yang disyaratkan sudah di penuhi.. Sudah dikirim semua..
Wakepo : oh gitu ya..  Saudaranya pejabat ya..
Padome : bukan sih..  Saudaranya temen gue di biro..
Wakepo : oh..
Padome : ah.. Oh.. Ah.. Oh doang dari tadi..  Solusinya bro.. Solusi.. Gue perlu solusinya, biar dia b…

Buka Kunci Kasus 3

Mudah-mudahan tidak ada yang sedang mengunggu bahasan ini,..

Pada kasus 3, saya akan bahas masalah guru yang terkunci tugas tambahannya.
Seperti sudah kita ketahui bersama bahwa guru yang sudah terbit SKTPnya, maka semua datanya akan dikunci termasuk tugas tambahan.

Ilustrasinya begini :
Ada dua orang guru yang menerima tugas tambahan sebagai Kepala Sekolah.
Pada bulan Juli 215: Guru A menjabat sebagai guru pada sekolah Anu dan menerima tugas tambahan sebagai kepala sekolah dari tahun 2012 sampai ini (juli 2015).

Pada bulan Agustus 2015 : Pada bulan agustus 2015 pemerindah daerah melakukan mutasi dan reorganisasi pada sekolah Anu, Kepala Sekolah diganti dengan guru B. Guru A yang sebelumnya menjadi kepala sekolah di sekolah Anu, tidak lagi menjabat sebagai kepala sekolah. Dengan kasus ini sebenarnya tidak akan ada masalah jika :

Operator langsung merubah data pada dapodik sesuai dengan tanggal mulai tugas dari si guru masing-masingMasukan data guru baru, guru B pada dapodikIsi TST tugas …

Belum tentu semua tahu, walau sebenarnya wajib mencari tahu

Cerita Wakepo kali ini seharunya cukup menarik, tapi sayang tidak ada tambang dan tali untuk mengikat, jadi saya kesulitan untuk menariknya.Suatu waktu di kementrian tunjangan guru di negara entah berantah, ada perdebatan seru antara pejabat kementrian dengan pejabat dari dinas pendidikan salah satu kabupaten kota.Perdebatan mereka sangat seru, masing-masing tidak mau mengalah dan merasa paling benar.  Kali ini wakepo adalah seorang pejabat kementrian tunjangan dan pa dome adalah pejabat dinas pendidikan.
(itulah hebatnya wakepo dan pa dome bisa jadi apa saja dalam sekejap)Wakepo sedang sibuk di mejanya, dia nampak serius mengatur berkas dan memandang laptopnya. Padome: selamat pagi bapak.. (padome menyapa sambil senyum-senyum)
Wakepo : oh.. Selamat pagi pak.. (tegas menjawabseperti biasanya)
Padome: saya dome bapak, saya dari dinas pendidikan, ada beberapa masalah yang mau saya konsultasikan ke bapak.  Mohon waktunya..
Wakepo : oh.. Silahkan.. Silahkan.. Silahkan duduk.. Apa yang …